Kamis, 22 Agustus 2013

Review K3 #3

Pola Pikir Mahasiswa
by Mohamad Dika Arzaldi (16413069)

Tangal 21 Agustus 2013, hari ini kami para peserta OSKM ITB 2013 mendapat materi pengembangan diri dan softskill, dimulai dari materi yang diberikan pada saat SSDK dan setelah itu dilanjutkan dengan materi pengembangan diri yang diberikan oleh kakak kakak taplok. Materi yang diberikan oleh taplok ini berisi tentang cara-cara pemikiran yang selayaknya dimiliki oleh seorang mahasiswa ITB dalam menyelesaikan masalah-masalah yang tentunya akan dihadapi di masa perkuliahan nanti. Materi yang diberikan adalah materi pola pikir K3.

K yang pertama adalah KRITIS. Kritis di sini dalam artian cara kita menanggapi suatu informasi yang disuguhkan kepada kita. Kita sebagai mahasiswa ITB diharuskan untuk selalu bersikap kritis terhadap semua informasi yang kita dapatkan, misalnya melakukan filtrasi terhadap informasi-informasi yang beredar, jadi dengan bersikap kritis, kita diharapkan dapat membedakan mana informasi yang benar dan salah, serta mana informasi yang penting dan yang sebaiknya tidak kita hiraukan.

K yang kedua adalah KREATIF. Di sini kita diharapkan tidak melihat suatu masalah hanya dari satu sisi saja, karena ketika kita melihat dari sisi-sisi yang dianggap aneh atau tidak biasa, justru di sana lah kita dapat menemukan solusi-solusi yang bermanfaat. Solusi-solusi ini biasanya dapat kita dapatkan ketika kita berpikir outside of the box, bahkan mahasiswa ITB diharapkan dapat berpikir without the box. Ubah cara berpikir kita yang biasa, gunakan imajinasi dan pemikiran yang luas, dan ciptakan solusi-solusi yang baru dan efektif. 

K yang ketiga adalah KONSTRUKTIF. Konstruktif di sini itu artinya membangun, jadi mahasiswa ITB itu diharapkan tidak hanya bisa mengkritik saja tanpa memberikan masukan-masukan yang bermanfaat, tetapi juga bisa memberikan kritik-kritik yang membangun dan memajukan. 

Inilah sikap dan pola pikir yang harus kita miliki sebagai Mahasiswa ITB. Bersikap Kritis terhadap informasi, bersikap Kreatif dan menciptakan solusi-solusi yang segar, dan bersikap Konstruktif di saat memberikan kritikan.

Sekian dan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar