Kamis, 22 Agustus 2013

Review K3 #13

Pola Pikir K3
By Talitha Puspa Melati
16613215

Apa itu pola pikir K3?

K3 yang terdiri dari kata kritis,kreatif,dan konstruktif merupakan suatu kerangka berpikir yang perlu dimiliki seseorang (dalam hal ini mahasisw)a ketika hendak mengkritisi atau menanggapi suatu permasalahan. Kelihatananya simpel yaa namun ternyata memiliki maksud yang mendalam.
 Pola pikir  yang pertama adalah pola pikir kritis. Pola pikir kritis atau critical thinking adalah cara berpikir  dengan tidak menerima begitu saja informasi yang didapat tanpa bertanya sebab, akibat dan fakta dari informasi tersebut. Sebagai mahasiswa ITB ,kita sangat dituntut untuk berpikir kritis agar kita mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Setelah itu, baru kita diharapkan dapat menanggapi dan mengkritisi informasi  tersebut secara objektif dan rasional. Selain itu, berpikir kritis sekarang juga memiliki peranan penting dalam menghadapi dunia modern. Saat ini kita dapat mendapat berbagai macam informasi  dari berbagai sumber dengan mudahnya. Dengan adanya bantuan media komunikasi yang semakin canggih, semua informasi yang baik atau buruk masuk begitu saja. Maka,jika kita tidak terbekali  dengan kemampuan berpikir secara kritis tentu saja kita akan tersisih dari seleksi alam di era modern ini.

Pola pikir kedua yang harus dimiliki mahasiswa ITB adalah berpikir secara kreatif.  Kreatif sendiri memiliki makna mengandung daya cipta,inovasi dan melibatkan imajinasi. Sehingga dapat dikatakan jika berpikir kreatif merupakan cara berpikir yang dapat menciptakan hal –hal baru dengan pikirannya dengan melibatkan imajinasi namun tetap realistis. Berpikir kreatif mendorong kita untuk mendapatkan ide-ide baru yang solutif ketika menghadapi suatu masalah. Untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif kita ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain: senantiasa berkeinginan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang berbagai hal,bereksperimen dengan berbagai hal,  menghilangkan pikiran yang konservatif, dan optimis dengan inovasi yang telah kita ciptakan.

Last but not least, pola pikir yang penting untuk dimiliki adalah pola pikir konstruktif. Pola pikir konstruktif merupakan pola pikir yang bersifat membangun. Pola pikir konstruktif membantu kita untuk lebih membuka mata dalam menilai dan menanggapi suatu masalah, dalam artian ketika melihat suatu permasalahan kita tidak hanya melihat dari sisi buruknya, namun juga mempertimbangkan kepada sisi baiknya. Pola pikir konstruktif dapat dituangkan dalam bentuk kata-kata positif yang menggugah atau melihat suatu permasalahan dari kacamata yang berbeda. Berpikirlah untuk tidak melulu mencari kesalahan atau kekurangan tapi berpikirlah untuk mencari solusi terbaik dan lihat kebaikan yang ada dibalik suatu keburukan.


Nah, kesimpulannya adalah kita sebagai mahasiswa harapan bangsa selain dituntut untuk memiliki kemampuan intelektual yang tinggi juga dituntut untuk berpola pikir K3…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar