Kamis, 22 Agustus 2013

RESUME OSKM 21 Agustus 2013


RESUME OSKM 21 Agustus 2013
by Michelle Diana (19813043)

Pada hari Rabu, 21 Agustus 2013 lalu, ITB menyelenggarakan kegiatan seminar Strategi Sukses Dalam Kampus (SSDK), yang dibagi per fakultas, sebagai rangkaian dari kegiatan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) ITB 2013 yang sedang berlangsung dalam minggu ini. SSDK yang berlangsung selama 2 hari ini bertujuan membekali para mahasiswa baru angkatan 2013 untuk menghadapi dunia baru perkuliahan di ITB.
Dalam sesinya di hari pertama, terdapat topik utama yang menekankan pada pengembangan karakter yang harus dimiliki sebagai seorang mahasiswa ITB. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa di ITB dikenal masa Tahap Persiapan Bersama (TPB) sebagai tahun pertama berkuliah sebelum masuk ke jurusan. Di masa-masa inilah seringkali terdapat kasus mahasiswa yang dikeluarkan atau di DO dari ITB. Data menunjukkan bahwa hal ini terjadi bukan karena mahasiswa ITB yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan pelajaran,  melainkan lebih dikarenakan mahasiswa yang kurang dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mengatur waktu serta prioritasnya. Oleh sebab itulah ITB memfasilitasi mahasiswa barunya dengan kegaiatan SSDK ini.
Di SSDK ini para mahasiswa baru angkatan 2013 diajarkan mengenai Learning Passion, Time and Compassing, serta How To Win a Relationship. Dengan adanya materi tersebut, diharapkan mahasiswa dapat selalu menemukan dan mengingat motivasi belajarnya, memanjemen waktunya dengan baik, dan dapat bergaul serta sehat dalam lingkungan sosialnya.
Setelah Seminar SSDK yang cukup panjang ini, kegiatan OSKM dilanjutkan dengan kumpul bersama kelompok OSKM yang telah dibagi sedemikan rupa sehingga tergabunglah para mahasiswa baru ITB angkatan 2013 yang terdiri dari berbagai fakultas. Kelompok ini dimentori oleh tiga orang kakak kelas yang bertugas untuk membimbing para mahasiswa baru selama OSKM.
Dalam kelompok kecil ini, para mahasiswa kembali diberikan materi yang sangat bermanfaat untuk menyiapkan diri sebagai seorang calon pemimpin masa depan. Materi yang pertama adalah mengenai Ketuhanan, sebagaimana sila pertama dalam dasar negara kita. Yang dimana bahwasannya sebagai seorang mahasiswa yang menjunjung tinggi idealisme, visi-visinya harus ditujukan berdasarkan nilai-nilai Ketuhanan tersebut.
Materi yang kedua ialah materi mengenai pola piker 3K (Kritis, Kreatif, dan Konstruktif). Tentunya sebagai seorang mahasiswa yang kelak akan membangun bangsa, kita harus memiliki ketiga pola pikir ini. Kritis adalah dimana kita tidak boleh menerima segala sesuatunya secara mentah-mentah dan harus dapat menganalisa kebenarannya terlebih dahulu.Lalu kita juga harus kreatif, yakni dapat melihat segala hal dari berbagai sudut pandang,  dan menemukan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat demi memajukan bangsa ini. Dan yang terakhir serta tidak boleh kita lupakan adalah bahwa segala hal yang kita lakukan tersebut haruslah bersifat Konstruktif,  yakni bersifat membangun dan memiliki dampak positif yang berkepanjangan dan tidak boleh didasarkan oleh kepentingan segelintir pihak.
Kedua materi ini disajikan dalam bentuk diskusi kelompok, dimana pada materi yang kedua para mahasiswa baru dibagi ke dalam kelompok yang lebih kecil dan diberikan sebuah permasalahan dan dituntut untuk mencari solusinya berdasarkan pola pikir 3K tersebut. Ulasan mengenai hasil diskusi masing-masing kelompok dapat dilihat pada entri sebelumnya yang telah di post.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar