Kamis, 22 Agustus 2013

Review K3 #4

K3: Pola Pikir yang Dapat Mengubah Dunia
By Lauren Hana Suyana (16813106)

Tanggal 21 Agustur 2013 kami mendapat sebuah pola pikir baru yang cukup membuat saya sadar, ternyata selama ini pola pikir saya sangat sempit. Saya hanya berfikir dari dalam kotak, tanpa memikirkan hal-hal lain yang sebenarnya dapat bersangkutan. Saya merasa saya tidak kreatif. Tapi dengan pola pikir K3 (kritis, kreatif dan konstruktif) kini saya bisa berfikir diluar kotak, dan merasa lebih kreatif. Saya merasa sangat beruntung dapat mengetahui metode ini. Saya rasa, anda yang sedang membaca tulisan ini tidak akan rugi meluangkan waktu anda untuk mengetahui metode emas menguntungkan ini.

Dalam memecahkan suatu masalah, kita harus berfikir KRITIS. Yang dimaksud kritis disini adalah jika kita mendengar kabar burung, kita harus mengesampingkan pemikiran subjektif dalam diri kita. Kita tidak boleh mudah percaya dan terbawa arus kabar burung yang dapat menyesatkan kita. Hal yang paling tepat adalah mencari bukti-bukti tentang masalah tersebut. bila sesuatu hal itu benar, pasti dapat ditemukan aspek-aspek pendukungnya. Cek, berfikir lah lagi sebelum menyatakan benar terhadapnya.

Dengan adanya bukti pendukung pada masalah, kita dapat melihatnya secara global, bukan hanya dari satu sisi dan kita harus se-KREATIF mungkin menanggapi masalah tersebut. Kita harus memperhitungkan apa dampak dan bagaimana penyelesaian yang logis dan dapat dilakukan. Dengan berfikir secara global, kita dapat menemukan pemecahan dan inovasi yang baru, yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan orang lain. Tentu saja, kalian tahu, solusi itu ada yang bersifat solusi yang mainstream, solusi yang sudah ada sebelumya, ada juga solusi yang dapat dikembangkan lagi, ada solusi yang baru dan belum pernah ada sebelumnya, dan solusi yang belum ada sebelumnya, tetapi terasa sangat konyol. Janganlah kalian membuat solusi yang konyol karena akan percuma saja. Sesuatu yang konyol tidak akan bisa dilakukan dan diterima di masyarakat bukan? Solusi yang paling baik tanru saja solusi cemerlang yang inovatif. Mereka yang kreatif tentu dapat berfikir dan menemukan inovasi tersebut. Lihatlah pada diri kalian, apakah kalian sudah berfikir secara kreatif sejauh ini? Dari pemikiran kritis, kita dapat berkembang menjadi lebih kreatif.

Tentu pemikiran kreatif kita tidak boleh sia-sia begitu saja. Haruslah pemikiran kita membuahkan hasil yang bersifatKONSTRUKTIF. Yang berarti dapat dibangun, dapat dilaksanakan di dunia nyata. Dengan konsep ini kita dapat membuktikan dan memecahkan permasalahan dengan baik. Saat proses ini, kita harus tetap menerapkan konsep kritis dan kreatif, sehingga prosesnya menjadi efektif. Adalah sebuah metode PESTEL yaitu penyelesaian dari aspek politik, ekonomi, social, teknologi, environment, dan legal. Dengan aspek yang memasyarakat ini, tentu pembangunan solusi dapat ditinjau lebih dalam lagi. Tentu saja akan mudah diterima oleh rakyat, akan sangat logis dilakukan. Kemungkinan besar akan sukseslah pemecahan masalah itu.

Saya rasa setiap orang memang memiliki pemikiran yang berbeda dalam memecahkan masalah. Dan setiap dari pemikiran itu tidak ada yang salah, tetapi pemikiran tersebut dapat dinilai oleh seseorang, dan dirasakan baik atau kurang, dan disepakati oleh orang luas. Dan dengan metode K3 ini, saya rasa pemikiran kalian akan dinilai baik oleh banyak orang. Bayangkan jika Indonesia memiliki orang-orang hebat berpola pikir K3. Indonesia akan maju dan disegani negara-negara lain di dunia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar