Jumat, 23 Agustus 2013


Resume Seminar OSKM 2013
by Talitha Puspa Melati

Tanggal                 : 23 Agustus 2013
Moderator          : Maria Selena

Pembicara I        : Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan RI)

Semangat kemahasiswaan sangat erat kaitannya dengan kearifan lokal.  Artinya, mahasiswa sebagai harapan calon-calon pemimpin bangsa harus memiliki gagasan atau nilai pandangan setempat atau (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya karena Indonesia sangat membutuhkan pemimpin yang benar-benar mengerti kebutuhan rakyatnya. Masa depan Indonesia secara geopolitik,sosial,ekonomi,dan semua aspek tidak akan terwujud jika seorang pemimpin tidak berbasis kearifan lokal.
Indonesia,sebagai Negara muslim terbesar dalam G20 memiliki perekonomian dua kali lebih besar daripada Saudi Arabia. Namun, Negara Islam di dunia hanya menduduki 9 % dari keseluruhan perekonomian dunia.  Indonesia hanya bisa sukses sebagai Negara muslim yang memiliki perekonomian tinggi jika tetap menjaga pluralisme negaranya. Selain itu, pembangunan Indonesia harus memajukan potensi daerah masing-masing. Jika tidak demikian, Indonesia bisa kehilangan jati dirinya. Sebagai pemuda penerus bangsa, kita harus menggarudakan diri kita.
Indonesia yang tengah berada di masa transformasi yang pesat di ASEAN merupakan cerminan Indonesia untuk maju 20 tahun ke depan. Hal tersebut dapat dicapai dengan mengembangkan teknologi, kekayaan budaya, kemajuan ekonomi,dan kesinambungan demokrasi. 20 tahun ke depan perekonomian  Indonesia ditargetkan mencapai 600.000 triliun. 360.000 triliun dari 600.000 triliun terkontribusi dari produk-produk makananluar negeri  yang masuk ke Indonesia . Tugas mahasiswa nantinya adalah untuk mengisi produk-produk dalam negeri. Mahasiswa harus bisa berbudaya dengan apapun yang berkebangsaan.
Tantangan Indonesia pada tahun 2030 adalah meningkatkan prodktivitas tenaga kerja sebesar 60 %. Apabila gagal, Indonesia diprediksi tidak bisa tumbuh di atas 7% dan tidak bisa keluar dari middle income track. Kita perlu merombak “kebiasaan” kita yang hanya bisa mengekspor bahan mentah tanpa diolah terlebih dahulu agar bernilai lebih tinggi dengan cara mengembangkan teknologi,berpluralisme, dan berbudaya.
Ada mitos bahwa pertumbuhan ekonomi hanya di Jakarta, padahal kenyataannya hanya sebesar 20 % dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan ternyata pertumbuhan ekonomi di Bandung dan Surabaya jauh lebih besar dari pertumbuhan ekonomi Jakarta.Hal tersebut disebabkan adanya rasiogini yang meliputi peningkatan penanaman modal, industrialisasi, dan hilirisasi. Namun, tiga aspek tersebut tidak bisa tecapai tanpa adanya kemajuan teknologi.
Indonesia termasuk dalam masyarakat ekonomi ASEAN. Komisi ASEAN sepakat untuk melakukan pelonggaran divisi perdagangan dan investasi. Akibatnya muncullah ekonomi kompetitif yaitu ASEAN menjadi base produksi, Asean menjadi pasar kolektif, dan ASEAN menjadi ekonomi yang kompetitif.
Kesimpulannya Indonesia membutuhkan pemimpin bangsa yang benar-benar mengerti keinginan rakyatnya,pemimpin yang mengedepankan kearifan lokal.  Jadilah garuda-garuda,bukan gangnam… Jadilah garuda yang kreatif,terampil,berteknologi,yang punya semangat kebangsaan. Jalani kehidupa dengan semangat pemimpin yang berkebangsaan dan memiliki semangat kearifan lokal.



Pembicara II       : Indra Hidayat (WANADRI)
Cinta Tanah Air

Indonesia memiliki luas 1.800.000.000 km2 dan penduduk sebanyak 200 juta orang. Akibat dari Deklarasi Juanda, luas Indonesia menjadi 3 kali lebih luas dari sebelumnya karena batas perairannya diukur dari pulau terluar Indonesia. Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam, antara lain: pulau,sungai, biodiversity, karst,dataran, gunung vulkanik, dan salju. Selain itu, iIndonesia juga memiliki 34  provinsi, 540 kabupaten/kota, dan berbagai macam suku. Namun, kendala yang ada adalah intervensi budaya yaitu klaim, bencana,akulturasi dan invasi.
4 pokok Kegiatan dari Wanandri : pendidikan,penjelajahan dan pengembangan iptek, bakti masyarakat melalui kemanusiaan, dan megelola wilayah konservasi.
Pesan untuk generasi muda adalah menyebarlah ke seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi bagi darah-daerah terpencil dan kita harus punya tujuan hidup di Indonesia.

Pembicara III     : Tri Mumpuni (Pemberdaya listrik di 60 daerah tepencil di Indonesia)

 Integritas dan Kompetensi Alumni ITB untuk Kemandirian dan Kesejahteraan Bangsa

Pada dasarnya manusia memiliki pengetahuan (logika) dan perasaan (empati). Apabila logika dan empati berinteraksi dengan baik maka manusia dapat membaca Indonesia dengan baik. Kalau logika dan empati gagal berinteraksi dengan baik maka manusia membaca Indonesia untuk diri sendiri. Apabila sumber daya memiliki paradigma yang benar maka bisa mengempower Indonesia. Pemerintah yang berintegritas tidak menjual apapun yang ada di Indonesia. Padahal kenyataanya saat ini minyak dan gas Indonesia semua dikuasai oleh perusahaan asing dan masih banyak daerah terpencil yang belum teraliri oleh listrik.
Definisi ekonomi yaitu kerja/usaha manusia untuk membuat keadaan seimbang dinamis antara investasi dan konsumsi untuk mencapai pertumbuhan. Pertumbuhan harus terikat/terbatas pada nilai optimal untuk kepentingan kesejahteraan dan masyarakat. Namun, pada kenyataannya saat ini hal tersebut dilupaka sehingga perekonomian bersifat tidak manusiawi. Seorang wirausahawan mencoba membuat alternative dalam kehidupan social ekonomi sehari-hari untuk menjadikannya lebih manusiawi. Ada 3 cara, yaitu : pelurusan visi pembangunan, perubahan paradigm investasi,dan pembatasanpertumbuhan usaha.
Teknologi manajemen keuangan ditambah sumber daya lokal dan komunitas lokal dapat menghasilkan pemanfaatan SDA untuk kepentingan kesejahteraan penduduk lokal. Pemanfaatan SDA untuk kepentingan pemilik modal dan pemilik terknologi dapat menyebabkan kemiskinan komunitas lokal.
Pesan untuk mahasiswa ITB: MERDEKAKAN anak bangsa yang tersisihakan..

Pembicara IV     : Seterhen Akbar Suriadinata
Riset Indie bersifat independen dan bergerak di bidang teknologi,social, dan ekonomi.  Dasar pendirian Riset indie adalah untuk menyalurkan aktivitas dan jadi incubator indie.
Kegiatan dari Riset indie :
·         Polaroid project
·         Project alinea- animatronic pertama di Indonesia
Membuat robot yang wajahnya dicover dengan make up effect atau topeng
·         Rencana akan menyelenggarakanpenelitian ekososial Angkot Day pada tnaggal 20 September 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam penyebab macet di Bandung dan permasalahan angkutan transportasi umum.
“Pulang ke rumah telah mempeertemukan kembali saya dengan realitas, membuat saya semakin yakinbahwa bangasa ini membutuhkan pahlawan lebih dan kamu salah satunya! “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar