Kamis, 22 Agustus 2013

Review K3 #2

Pola Pikir K3
by Aliyah Alfianda Dwicahyani (19913056)

Untuk menjadi seorang  generasi muda yang berkualitas kita harus memiliki pola pikir yang baik. Tidak hanya sekedar mengkritik tetapi juga memberi gagasan baru untuk memperbaikinya. Hal itu yang menjadi acuan kita untuk membangun masa depan negara yang lebih baik.
            Di ITB kita di ajarkan untuk tidak hanya menyerap nilai nilai keilmuan tetapi juga menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Karena di ITB kita tidak dibentuk menjadi seseorang yang individualisme tetapi dapat lebih peka dengan sosial lingkungan sekitar. Untuk merubah bangsa menjadi lebih baik. Karena itulah, di OSKM ini kita diajarkan untuk memiliki POLA PIKIR K3 yaitu, Kritis, Kreatif dan Konstruktif.
            Kritis yaitu, Melihat suatu masalah dengan segala sisi aspek kehidupan, yaitu : politik, ekonomi, sosial,teknologi, lingkungan dan hukum. dengan memperhatikan segala aspek tersebut, diharapkan kita dapat menyikapi segala sesuatu secara intelektual serta dituntut untuk dapat melihat  dengan perspektif global terhadap perubahan-perubahan aspek kehidupan yang terjadi di masyarakat global pada umumnya. Kita tidak hanya menerima hal-hal tersebut secara gamblang tetapi memprosesnya secara lebih objektif.

Kreatif,  dapat membuat ide-ide orisinil juga dituntut dapat memecahkan masalah nyata dengan penyelesaian efektif, cepat dan mudah .

Konstruktif, diharapkan kita depat memberikan hal hal positif yang dapat membangun. Sehingga kita dapat membangun lingkungan yang lebih baik dengan pemikiran dan tindakan.

            Menurut saya itulah yang diharapkan dari genarasi muda seperti kita. Membangun, memikirkan dan memberikan gagasan efektif untuk membuat bangsa menjadi lebih baik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar