Kamis, 22 Agustus 2013

Review K3 #8

Pentingnya Pola Pikir K-3 Bagi Mahasiswa
by Kenan Mahesa Sudiro (165313262)

K-3 adalah pola pikir yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermahasiswa. Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas apa yang telah saya dapatkan dari pembekalan K-3 kemarin. Bagi teman-teman yang bertanya apa itu K-3, K-3 merupakan singkatan dari kritis, kreatif, dan konstruktif.

1. Kritis
Pengertian kritis pada umumnya adalah memandang suatu masalah tidak hanya dari satu perspektif saja, melainkan dari berbagai sudut pandang. Untuk dapat memandang suatu masalah dengan kritis, dibutuhkan suatu analisa yang tajam dan mendalam. Cara berpikir kritis juga dapat diterapkan pada masalah-masalah yang kita hadapi sehari-hari. Contohnya bila ada seseorang ada yang mengungkapkan argumen atau pernyataannya, maka kita tidak langsung percaya pada argumen orang tersebut, melainkan memastikan kebenaran argument tersebut.

2. Kreatif
Kreatif adalah suatu pola pikir yang mendobrak suatu kebiasaan. Dalam pemecahan masalah, kreativitas sangat dibutuhkan, tetapi dengan catatan solusi yang diberikan rasional dan memungkinkan untuk direalisasikan. Solusi yang kreatif berakar dari ide-ide yang tidak biasa bahkan tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Solusi-solusi kreatif pada umumnya berpeluang besar untuk memecahkan masalah-masalah yang belum pernah terpecahkan.

3.Konstruktif
Konstruktif secara harafiah dapat diartikan “membangun”. Kaitan konstruktif dalam memecahkan masalah sangatlah besar. Sebab orang-orang yang berpikir kritis belum tentu menghasilkan pemecahan masalah yang konstruktif, malahan pemecahan masalah tersebut cenderung bersifat destruktif. Oleh karena itu, esensi dari pemecahan masalah secara konstruktif sangatlah penting. Sebab, dalam pemecahan masalah, dibutuhkan solusi-solusi yang bersifat membangun, bukannya malahan bersifat menghancurkan.

Jadi, kesimpulan yang dapat saya tarik dari pembekalan pola pikir K-3 adalah kita sebagai mahasiswa harus memiliki pola pikir tersebut. Sebab, dewasa ini makin banyak sedikit mahasiswa yang menyadari betapa pentingnya penerapan pola pikir tersebut dalam pemecahan masalah. Tentunya, kita sebagai mahasiswa yang telah mengetahui betapa pentingnya ketiga nilai dasar tersebut dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar