Jumat, 23 Agustus 2013

Pola Pikir yang Harus Dimiliki Mahasiswa


Pola Pikir K3
Cyntia Sari Dewi (16113081)
                Sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa ITB harus memiliki pola pikir K3. Yaitu yang meliputi kritis, kreatif, dan konstruktif. Sifat-sifat itulah yang bisa menjadikan mahasiswa dapat berperan aktif dalam memajukan Indonesia. Mari kita simak penjelasan dari pola pikir K3 tersebut.
1.       Kritis
Menurut pendapat umum. Kritis adalah berusaha mencari tahu kebenaran dari suatu informasi/fakta. Pada intinya, orang yang kritis tidak akan langsung mempercayai informasi yang munccul di publik. Orang-orang yang memiliki sikap kritis cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tajam, sehingga itu bisa menjadi senjata agar mendapat informasi sebanyak-banyaknya.
2.      Kreatif
Kreatif disini maksudnya adalah dapat menciptakan inovasi baru/mengembangkan gagasan yang sudah ada sehingga hasilnya maksimal. Kreatif tidak hanya terpaku dalam satu bidang saja, tetapi dalam segala hal. Kreatif juga bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam hal daya cipta.
3.       Konstruktif
Sebagai mahasiswa, kita dituntut agar bisa menjadi pemimpin bangsa ini di masa depan sehingga kita harus memiliki sifat ini. Konstruktif adalah sifat yang dimiliki seseorang karena gagasan/ide-ide pembangunan yang diutarakannya bagi kepentingan umat banyak.

                Kesimpulannya, jika kita ingin berkontribusi atau bahkan menjadi pelopor perubahan bangsa ini maka kita haris memiliki pola pikir K3 tersebut. Untuk indonesia lebih baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar