Jumat, 23 Agustus 2013

Resume Seminar OSKM by Michelle Diana



Masih dalam serangkaian acara OSKM ITB 2013 yang diselenggarakan untuk menyambut kedatangan para mahasiswa baru, hari ini kampus Ganesha mengadakan sebuah seminar bertajukan Membaca Indonesia bertempat di  Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Sesuai dengan judulnya, materi yang disampaikan dalam seminar ini juga masih berkaitan dengan tema OSKM ITB 2013 mengenai Semangat Berkemahasiswaan dengan Kearifan Lokal. Tidak tanggung-tanggung, ITB benar-benar menunjukkan keseriusannya mengusung tema ini dengan mengundang sejumlah tamu penting sebagai pembicara dalam seminar ini, sebut saja salah satunya Bapak Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Gita Wirjawan.

Untuk memandu seminar sekaliber nasional ini, ITB pun menempatkan salah satu alumnus kebanggannya, Maria Selena, Puteri Indonesia 2011, sebagai moderator dalam acara yang berlangsung kurang lebih selama tiga jam tersebut. 

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama kurang lebih 4500 mahasiswa yang hadir di Sabuga, acara ini pun resmi dimulai.Tanpa banyak basa basi, setelah Sekjen OSKM ITB 2013, Bapak Wakil Rektor ITB, dan Presiden Kabinet Keluarga Mahasiswa menyampaikan sambutannya, materi seminatr pun segera disampaikan. Bapak Gita Wirjawan selaku tamu kehormatan mendapat urutan pertama untuk menyampaikan materinya. Beliau menyampaikan mengenai pentingnya sikap cinta tanah air dan pluralisme dalam memajukan perekonomian bangsa ini. Dikatakan, bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang dapat mengekspor kebudayaannya dan meningkatkan nilai hasil kekayaan alamnya dengan teknologi. Tapi yang terpenting ialah bagaimana kita bersikap nasionalis di dalam internasionalisme.Materi ini ditutup dengan permainan piano Bapak Menteri yang cukup mencengangkan mata dan telinga para rakyat Ganesha.

Selanjutnya, materi dilanjutkan oleh perwakilan komunitas pecinta alam Wanadri yang menceritakan betapa kaya dan luasnya bumi Indonesia. Materi ini membukakan mata seluruh yang hadir di Sabuga, bahwasannya betapa banyaknya kekayaan alam dan budaya yang kita miliki tidak terhitung jumlahnya, dan sudah sepantasnya kita semua bangga menjadi warga negara Indonesia. 

Materi berikutnya yang tidak kalah menarik, disampaikan oleh Ibu Tri Mumpuni selaku Pemberdaya Listrik yang menorehkan berbagai jasa bagi bangsa dan negara ini. Beliau menyampaikan mengenai pentingnya penggunaan akal sehat (gabungan logika dan perasaan secara bersamaan) dalam memecahkan masalah. Sebab jika kita tidak menggunakan kedua aspek itu secara seimbang, maka akan terjadi disfungsi dari solusi itu sendiri yang akhirnya justru malah berdampak buruk dalam jangka panjang. Sudah sepantasnya kita sebagai tonggak penerus bangsa, dapat mnemukan solusi-solusi yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan dan tidak hanya memikirkan hanya segilintir pihak.Dan yang terakhir, materi disampaikan oleh tamu terhormat lainnya yakni CEO Riset Indie,

Seminar ini sungguh menambah wawasan bagi seluruh mahasiswa baru dan memberi motivasi untuk tak lupa memberikan baktinya bagi Tuhan, bangsa, dan alamamater.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar