Rabu, 21 Agustus 2013

Resume Kelompok 71 Tanggal 21 Agustus 2013

Kami mahasiswa baru ITB 2013 mengikuti kegiatan seminar ‘Strategi Sukses di Kampus’ (SSDK) sesuai fakultas kami masing-masing. Kami banyak belajar di acara SSDK ini. Salah satunya adalah cara-cara dalam bersosialisasi di kampus dan sharing tentang proses pembelajaran di kampus. Kegiatan ini tentu sangat berguna bagi kami, karena dapat mengetahui garis besar perkuliahan yang akan kami hadapi nanti. Kami juga menjadi sadar akan pentingnya sosialisasi antar individu sehingga dapat menambah wawasan kami. Selain itu, kami juga disadarkan bahwa visi dan misi sangat penting dalam menentukan langkah kami kedepannya dan untuk menemukan motivasi kembali di kala kita sedang terjatuh.


Ada beberapa materi penting yang bisa kami ambil dan kami praktekan di kehidupan perkuliahan nanti. Pada materi ‘Timing and Compassing’, kita diajarkan untuk membagi waktu dengan baik agar dapat mencapai visi dikemudian hari. Di materi ini, kita diajarkan untuk memilah kegiatan sehari-hari kedalam 4 bagian. Yang pertama, penting dan mendesak. Yang kedua, penting dan tidak mendesak. Yang ketiga, penting dan tidak mendesak. Yang terakhir, tidak penting dan tidak mendesak. Kita harus memperbanyak alokasi waktu untuk kegiatan penting dan tidak mendesak, karena itu merupakan apa yang disebut ‘Quality Time’


Pada materi belajar efektif, kami diajarkan untuk mengidentifikasi  cara belajar yang baik untuk setiap orang. Secara garis besar ada 3 cara belajar: 1. Visual, belajar dengan melihat gambar-gambar; 2. Auditori, belajar dengan mendengar apa yg diucapkan; 3. Kinestetik, belajar sambil menggerakkan anggota tubuh. Kami juga diajarkan cara mencatat yang efektif, yaitu dengan ‘Metode Cornel’. Kemudian dijelaskan pula tentang kegiatan unit dan manajemen waktu.


Setelah SSDK kami melanjutkan kegiatan dengan berdiskusi kelompok dengan kakak-kakak taplok. Dengan basecamp di Cisitu, kami memulai dengan penjelasan dan sharing mengenai visi antarnggota.
Materi pertama yaitu visi ketuhanan. Visi merupakan hal yang sangat penting bagi kami untuk menjalani kehidupan. Visi menjaga kami tetap fokus dalam menjalani kegiatan-kegiatan serta merupakan motivasi di kala kami sedang menghadapi berbagai tantangan. Visi sebaiknya berjangka panjang, spesifik dan dapat diukur. Unsur ketuhanan sangat dibutuhkan karena pada dasarnya seluruh ajaran agama akan mengarahkan kita pada kebaikan. Dengan visi ketuhanan, kami akhirnya membuat visi masing-masing yang dapat memberikan pengaruh positif pada banyak orang jika tercapai nanti.


Kemudian kami diberikan materi kedua yaitu konsep K3 (berfikir kritis, kreatif, konsumtif). Kami langsung menerapkannya dalam tugas kami dengan berdiskusi. Pikiran kami pun menjadi lebih terbuka dalam mencari solusi dari masalah-masalah yang ada. Selain itu, diskusi ini membuat kami mulai dapat melihat masalah dari berbagai sisi. Kegiatan hari ini sangat berguna karena menambah wawasan dan merubah pola pikir kami menjadi lebih terbuka juga membuat kami lebih mengenal satu sama lain.

Pada akhirnya, kami diberikan sebuah pesan yang sangat berat. Bahwasanya, di pundak kami ada tanggung jawab terhadap 1000 rakyat Indonesia yang tidak boleh kami lupakan. Bahwa sesungguhnya kami semua mempunyai utang terhadap bangsa ini. Karena itu, kami akan berusah untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater


Tidak ada komentar:

Posting Komentar